Puluhan Rumah Terdampak Banjir di Kecamatan Amahai dan Kecamatan Kota Masohi
kabar malteng; seputar bencana hidro-meteorologi

By r_angkotasan 31 Jul 2020, 12:25:50 WIB Bencana Hidro-Meteorologi
Puluhan Rumah Terdampak Banjir di Kecamatan Amahai dan Kecamatan Kota Masohi

Keterangan Gambar : Banjir Merendam Puluhan Rumah Enam Negeri/Kelurahan dari Dua Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah


MASOHI – Sebanyak Enam Negeri/Kelurahan dari dua kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah dilaporkan terendam banjir, Jumat (31-07-2020) pagi. Banjir terjadi akibat Hujan yang mengguyur daerah setempat sejak pukul 05:38 WIT.

Menurut Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, Enam Negeri/Kelurahan tersebut diantaranya Negeri Haruru, Negeri Makariki, Negeri Sepa, Kelurahan Namaelo, Kelurahan Namasina dan Kelurahan Holo merupakan daerah yang sering terdampak Banjir di saat musim penghujan.

Baca Lainnya :

Berdasarkan pantauan TRC, beberapa titik yang masih digenangi air dengan ketinggian 10cm sampai 40cm di sebagian lajur yang menghambat lalu lintas kendaraan di Jalan Lintas Seram diantaranya Negeri Makariki KM 7 & KM 8, Negeri Sepa KM 9 & KM 10.

Sedangkan kejadian banjir serupa terjadi di Kompleks Pahlawan Kelurahan Namaelo dengan motif yang berbeda. Menurut pantauan Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Maluku Tengah Ir. Bob Rachmat, M.Si yang saat itu langsung bergerak ke TKP melihat secara langsung kondisi di lapangan. "Sumber air dari hulu terus ke hilir, air keluar dari Voclus Karst, mengalir ke DAS intermiten dan sebagian mengalir ke arah jalan Pahlawan, kemunculan air bersifat temporer kondisi Curah Hujan. Perlu dilakukan Rekayasa Drainase terhadap lokasi tersebut oleh Dinas PU". Ujar Plt. Kalaksa BPBD Maluku Tengah.

BPBD Maluku Tengah melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan pemantauan on the spot pada beberapa titik yang terdampak. Air menggenang hingga ketinggian 60cm sampai 90cm. Hujan sedang hingga lebat sejak pagi hari yang terjadi namun tidak ada korban jiwa dan tidak ada warga yang mengungsi serta tidak ada kerugian harta benda akibat banjir tersebut.

Upaya yang dilakukan oleh TRC BPBD Maluku Tengah diantaranya bakti bersama Babinsa dan warga setempat untuk membersihkan sampah pada saluran air, hingga menjelang siang hari TRC BPBD Maluku Tengah melakukan Pembagian Bantuan Logistik berupa Makanan Siap Saji, Lauk Pauk dan Makanan Tambahan Gizi kepada warga yang tidak bisa beraktifitas Masak di Dapur.

https://drive.google.com/file/d/1BL210Wk9IOGN4XLdH8iSfCpit9mdTeDi/view?usp=sharing




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment